10 Januari 2020 11:02 am

Ini Trik Belanja Online Yang Aman, Yuspiners Jangan Sampai Tertipu!

Ini Trik Belanja Online Yang Aman, Yuspiners Jangan Sampai Tertipu!
Di era digital seperti sekarang ini, Yuspiners pasti sudah tak asing dengan istilah belanja online. Bahkan belanja online bisa disebut sebagai salah satu tren yang digemari banyak orang, terutama perempuan.

Banyaknya kemudahan dan harga yang lebih murah pun membuat belanja online menjadi semakin menggiurkan. Penawaran murah, banyaknya pilihan, pengiriman yang cepat, dan efisiensi waktu dan tenaga menjadi alasan orang berbelanja online. Bahkan jika barang tidak sesuai pun dapat dilakukan pengembalian dengan cukup mudah.

Namun, dengan berbelanja secara online ada lebih banyak kemungkinan terjadinya pencurian data identitas Yuspiners. Jika Yuspiners menyerahkan data ke orang yang salah maka yang akan terjadi hanyalah kehilangan uang dan data identitas diri Yuspiners. Tapi tenang Yuspiners, dengan beberapa tips berikut Yuspiners bisa sedikit berlega.

1.Gunakan Situs Web Terpercaya

Mulailah dengan situs yang terpercaya daripada berbelanja dengan mesin pencari. Hasil pencarian bisa dicurangi untuk menyesatkan, terutama saat Yuspiners melewati beberapa halaman pertama tautan. Jika Yuspiners tahu situs yang dituju, kecil kemungkinannya untuk menjadi tertipu. Hati-hati salah eja atau situs yang menggunakan domain tingkat atas yang berbeda (contoh .net, bukan .com).
2.Baca baik-baik kebijakan situs web terhadap data pribadi Yuspiners

Jangan sampai di kebijakan itu ada poin yang menyebutkan kalau pengelola situs web boleh memberikan data pribadi ke pihak lain.

Baca juga kebijakan pengembalian barang karena barang yang dibeli tidak bisa dilihat secara fisik, harus ada garansi kalau barang yang dikirim cacat. Yuspiners boleh mengirim barang cacat itu kembali dan tentu saja diganti dengan barang baru atau uang Yuspiners kembali. Periksa juga siapa yang membayar pengembalian barang itu.

3. Cari tanda kalau situs web itu aman

Tanda itu biasanya berupa gambar gembok di baris status (status bar) browser. Sebelum memasukkan informasi pribadi, pastikan tanda tersebut ada. Ketika Yuspiners diminta untuk memasukkan informasi pendaftaran nomor kartu kredit, lihat alamat situs web. Harusnya alamat situs web berubah dari http ke 'shttp' atau 'https'. Artinya informasi pembayaran itu dienkripsi atau dipastikan lebih aman.

4. Jangan mudah tergoda barang murah

Jangan buru-buru jatuh cinta pada tawaran barang dengan harga murah yang datang dari e-mail, apalagi meminta ID dan password tanpa izin dari pemilik e-mail. Bisa jadi hal tersebut hanya spam semata. Tapi hati-hati, spammer bisa juga merayu. Ia mengirim e-mail yang seolah-olah datang dari perusahaan baik-baik. Sebaiknya, kunjungi situs web perusahaan yang jelas dan jangan melalui e-mail atau jendela pop-up.

5. Hati-hati memberikan data kartu kredit

Jangan pernah membeli sesuatu secara online menggunakan kartu kredit dari situs yang tidak memiliki enkripsi SSL (secure sockets layer) yang terinstal. Yuspiners akan tahu apakah itu karena URL situs akan dimulai dengan HTTPS: // (bukan hanya HTTP: //) dan ikon gembok terkunci akan muncul. Jangan pernah memberi kartu kredit kepada seseorang melalui e-mail.

6. Gunakan Kata Sandi yang Kuat

Gunakan kata kunci yang tidak dapat diretas atau diketahui orang. Yuspiners bisa membuat kata sandi yang unik untuk setiap situs yang digunakan untuk berbelanja online.

7. Berbelanja dari Rumah
Sebaiknya Yuspiners berbelanja menggunakan computer atau laptop di rumah dan tidak menggunakan komputer umum seperti di warnet. Tapi jika Yuspiners harus melakukannya di luar rumah seperti menggunakan laptop di kafe atau tempat umum lain, pastikan dalam keadaan aman. Yuspiners harus pastikan tidak ada orang yang melihat data yang Yuspiners berikan dalam situs tersebut, terutama data kartu kredit atau cara pembayaran lainnya.

8. Amankan komputer

Komputer atau perangkat yang Yuspiners gunakan minimal harus punya antivirus. Lebih baik lagi kalau punya anti spyware dan firewall. Ingat, peranti lunak keamanan itu harus di-update secara teratur agar PC terlindung dari ancaman terbaru.

9.Simpan bukti transaksi

Simpanlah bukti transaksi belanja Yuspiners. Termasuk deskripsi produk dan harga, kuitansi digital, dan juga salinan e-mail antara Yuspiners dengan penjual.

10.Matikan PC Yuspiners setelah transaksi
Matikan computer yang Yuspiners setelah berbelanja online. Karena jika PC dinyalakan terus, bisa saja sudah ada orang yang sudah menanamkan malware, mengambil alih kendali PC dan melakukan transaksi. Nah, itu dia tipsaman berbelanja online yang bisa Yuspiners praktikkan.

Selamat berbelanja online dengan aman dan nyaman!
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Hak Cipta dilindungi Undang-Undang
Copyright Yuspin 2020©