9 Januari 2020 11:46 am

Yuspiners, Lakukan ini Agar Kulitmu Tidak Kering Saat Puasa

Yuspiners, Lakukan ini Agar Kulitmu Tidak Kering Saat Puasa
Kekhawatiran kulit menjadi kering menjadi salah satu yang kerap dilontarkan saat menjalani ibadah puasa, setuju ga Yuspiners? Hal itu kekhawatiran yang wajar mengingat tubuh kita kekurangan cairan, mengingat saat berpuasa kita tak boleh makan atau minum lebih dari 12 jam.

Kulit kering tentu saja dapat mengurangi kecantikan. Garis-garis dan kerutan pada kulit akan terlihat jelas karena kering dan tidak ada yang melindunginya dari panasnya sinar matahari.

Ketika puasa Ramadan, tubuh tidak mendapatkan asupan dalam kurun waktu sekitar 13 jam. Padahal, tubuh tetap bermetabolisme seperti biasanya, serta melakukan ekskresi cairan dan buang air kecil. Apabila asupan cairan kurang saat sahur atau buka puasa, tubuh bisa mengalami masalah.

Apabila kulit kering karena dehidrasi, lapisan pelindung kulit akan terganggu. Masalah ini membuat bahan iritan ataupun bakteri lebih mudah masuk lewat kulit.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah cara paling sederhana untuk mencegah dehidrasi yang menyebabkan kulit kering.

Kita dapat memenuhi kebutuhan akan cairan pada saat berbuka puasa, sahur atau sebelum tidur. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas setiap hari.

Berpuasa selama lebih dari 12 jam mungkin membuat kita kesulitan dalam mengatur pola minum. Berikut tips penuhi asupan minum 8 gelas air saat berpuasa. Mari Yuspiners lakukan selama bulan ramadan.

- Minum 1 gelas air putih saat bangun tidur sebelum makan sahur
- Minum 1 gelas air putih setelah makan sahur
- Minum 1 gelas air putih setelah Azan Maghrib
- Minum 1 gelas air putih setelah Salat Maghrib
- Minum 1 gelas air putih saat berbuka puasa
- Minum 1 gelas air putih setelah Salat Isya'
- Minum 1 gelas air putih setelah Salat Tarawih
- Minum 1 gelas air putih sebelum tidur

Selain itu, sebaiknya Yuspiners juga mengkonsumsi makanan berkuah, sayur-sayuran, hingga buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka dan jeruk. Ini bisa menambah asupan cairan pada tubuh selain dari konsumsi air minum.

Ingat ya Yuspiners hindari konsumsi makanan berminyak seperti goreng-gorengan. Minyak akan membuat dehidrasi lebih cepat dan membutuhkan lebih banyak cairan tubuh. Karena itu, akan lebih baik menghindari makanan berminyak pada saat buka puasa atau sahur.

Yuspiners hendaknya juga menghindari paparan sinar matahari yang berlebihan. Suhu lingkungan yang panas bisa meningkatkan ekskresi keringat dari tubuh dan meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi. Apabila Yuspiners ingin berolahraga, lakukan setelah berbuka puasa. Hal ini karena kebutuhan dan ekskresi cairan akan meningkat saat berolahraga. Selesai mandi, Yuspiners jangan lupa menggunakan pelembap kulit secara rutin untuk mempertahankan kelembapan kulit. Disarankan untuk mengoleskan pelembab pada kulit baik setelah mandi atau sebelum tidur.
Blog Post Lainnya
Media Sosial
Hak Cipta dilindungi Undang-Undang
Copyright Yuspin 2020©